Senin, 18 April 2011

Larangan Berkhianat

Larangan Berkhianat Kepada Allah dan Rasul – Nya
Pengarah :Parmin S. Wijono, AAAIJ., AIIS


 


“ Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui . “  (An-Anfaal : 27)


Bentuk – bentuk pengkhianatan yang dilakukan manusia kepada Allah dan Rasul Nya sangat luas, Syekh Thabarsi dalam menafsirkan ayat ini mengatakan, “Berkhianat kepada Allah Swt ialah meninggalkan sesuatu yang diwajibkan-Nya, khianat kepada Rasul Saw ialah meninggalkan sunnah, sirah serta syariat agama beliau. Meninggalkan perkara agama dan mengabaikannya ialah bentuk pengkhianatan kepada Allah Swt dan Rasul-Nya”.

Setiap orang yang mengaku sebagai umat Rasulullah Saw berkewajiban untuk mentaati beliau secara mutlak, mereka haruslah menerima hukum dan undang-undang yang beliau sampaikan tanpa tawar menawar, baik hukum yang berkaitan dengan kehidupa sosial mereka maupun kehdiupan inividual.

Sehingga dengan demikian agar dapat dianggap tidak mengkhianati Allah dan Rasulnya maka manusia harus benar-benar mengamalkan maksud dari  ”Kami dengar dan kami ta’ati ” .

Ketaatan kepada Rasul memiliki wilayah yang sangat luas, dimana maksud dari ketaatan ini ialah ketaatan terhadap seluruh aturan dan hukum Allah Swt yang beliau sampaikan.

Dan dijelaskan juga bahwa manusia bukan hanya dilarang berkhianat kepada Allah dan rasullnya tapi juga dilarang mengkhianati amanat yang dipercayakan kepada sesama manusia dan bentuk-bentuk pengkhianatan amanah dalam kehidupan sesama manusia dapat terjadi didalam seluruh aspek kehidupan sosial manusia seperti dalam lingkungan keluarga, pertemanan, bisnis dan lain sebagainya.

Islam mendidik para pelakunya dengan watak yang terbaik, prilaku yang paling bagus, akhlak yang paling mulia, dan perangai yang paling luhur. Islam mengontrol setiap penganutnya agar senantiasa memiliki jiwa yang mulia, hati yang hidup, dan nurani yang tanggap. Sehingga hak-hak bisa dilindungi, amal-amal bisa dijaga, dan tanggung jawab bisa dipelihara. Oleh karena itu agama Islam mendidik umatnya agar senantiasa menjaga amanah. Islam mewajibkan setiap muslim menjadi orang yang bersih dan bisa dipercaya. Seorang muslim harus selalu menjaga kehormatan diri dan integritasnya, serta menghadirkan dirinya dari kecurangan dan pengkhianatan.

Wallau’alam bishawab

Tidak ada komentar:

Posting Komentar